EFEKTIVITAS KINERJA GURU PAI DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yoyo Rodiya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja guru PAI dalam melaksanakan tugas utamanya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PUI Cikijing dan untuk menganalisis efektivitas kinerja guru PAI dalam mengelola pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PUI Cikijing. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kinerja guru PAI dalam melaksanakan tugas utamanya pada aspek kompetensi dan keterampilan dasar mengajar guru sudah cukup efektif, namun dalam kompetensi pedagogik terkait dengan variasi penggunaan metode dan media pembelajaran dinilai masih kurang optimal. Dalam keterampilan bertanya, siswa yang aktif bertanya juga masih kurang optimal. Adapun kinerja guru PAI dalam mengelola pembelajaran PAI dari segi proses yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian secara umum sudah cukup efektif, namun sebagian guru PAI masih ada yang kurang optimal dalam implementasi RPP, penggunaan metode diskusi dan penggunaan media proyektor LCD atau infocus. Adapun dari segi hasil, terbentuknya karakter religius siswa hormat kepada guru dan shalat dhuhur berjamaah di sekolah sudah sangat efektif, namun minat, semangat dan perhatian siswa terhadap pembelajaran PAI serta keterampilan siswa dalam membaca dan menghafal al-Qur'an masih kurang optimal sehingga perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rodiya, Y. (2024). EFEKTIVITAS KINERJA GURU PAI DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. TANZHIMUNA, 3(02), 103-110. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v3i02.378