MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rully Permata

Abstract

Peningkatan profesionalisme guru memerlukan arahan dari pemimpin sekolah. pemimpin sekolah memiliki peran penting untuk meningkatkan professional guru. Maka Diperlukan manajemen kepemimpinan yang mampu untuk mengelola pendidikan dengan baik. Professionalisme guru diperlukan untuk memberikan proses pembelajaran kepada peserta didik secara baik. manajemen kepemimpinan sekolah dirasa cocok untuk menciptakan iklim sekolah yang berimbas pada tugas-tugas guru disekolah. Dalam penelitian ini manajemen kepemimpinan sekolah dibuat sebagai kerangka yang berfokus pada peningkatan profesionalisme guru. Dibuktikan dengan masih banyaknya guru yang masih ada yang belum professional di sekolah. fungsi manajemen kepala sekolah mulai dari pungsi planning, organizing, actuating, dan controlling yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru.


Manajemen kepemimpinan sekolah menjadi salah satu cara untuk menciptakan guru-guru yang professional. Pada era globalisasi sekarang ini guru memerlukan keterampilan dan kecakapan untuk memiliki kompetensi yang unggul. Profesionalisme guru harus dimiliki oleh setiap guru untuk mendapatkan hasil yang baik pada proses belajar mengajar. Kepala sekolah menjadi agen perubahan bagi setiap guru yang memiliki peran aktif dengan strategi manajemen kepemimpinannya. 


 


Kata kunci: manajemen, kepemimpinan sekolah, profesionalisme guru

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Permata, R. (2024). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU. TANZHIMUNA, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v4i1.455