MANAJEMEN GURU PADA OTONOMI DAERAH (DESENTRALISASI)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Haidar Fikri Khairunnida Ashidiqie Ashidiqie
Arif Rahman Hakim
Suklani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen guru pada otonomi daerah. Guru adalah salah satu faktor yang sangat penting yang mempengaruhi kualitas pendidikan secara umum dan secara khusus prestasi peserta didik. Pendidikan yang berkualitas hanya akan dapat diwujudkan jika tersedia guru yang berkualitas. Untuk mewujudkan guru yang berkualitas diperlukan manajemen guru yang efektif mulai dari pengangkatan, penempatan, induksi, kesejahteraan, dan pengembangan profesi guru. Metode analisis dilakukan dengan membandingkan manajemen guru yang telah dilakukan selama ini dengan manajemen guru yang ideal. Dengan demikian dapat diketahui perbedaannya yang selanjutnya diberikan saran-saran pemecahannya. Kenyataannya manajemen guru di Indonesia dari waktu- kewaktu semakin tidak efektif. Manajemen guru banyak dipengaruhi oleh politik lokal dan sering dipolitisasi oleh penguasa. Manajemen guru belum dilaksanakan secara partisipatif, transparan, dan akuntabel. Oleh karena itu diperlukan perubahan yang mendasar dalam manajemen guru yang dimulai dari perubahan undang-undang dan peraturan pemerintah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ashidiqie, H. F. K. A., Arif Rahman Hakim, & Suklani. (2024). MANAJEMEN GURU PADA OTONOMI DAERAH (DESENTRALISASI). TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 461-475. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v3i02.376