IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP KARYA BUDI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Testri Destrianti Testri Destrianti
Wahyu Hidayat
Syibromilisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah. Lokasi penelitian yaitu SMP Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yaitu menggunakna reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan supervisi akademik sekolah membuat langkah-langkah program supervisi akademik, membut tim supervisi, merumuskan tujuan, menentukan jadwal pelaksanaan, dan apa saja yang harus dipersiapkan oleh guru. 2) Pelaksanaan supervisi akademik dilaksanakan dua dalam satu tahun. Pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan langsung, tidak langsung, dan kolaboratif. Teknik yang digunakan yaitu kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individu serta rapat, dan instrumen yang digunakan yaitu angket dan catatan supervisi akademik. 3) Tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik dilaksanakan dengan berdiskusi dan mencari solusi atas permasalahan, kemudian untuk program tindak lanjut dengan malalui In House Training (IHT), workshop, pelatihan, bimbingan teknis atau supervisi klinis.


Kata Kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kinerja


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Testri Destrianti, T. D., Wahyu Hidayat, & Syibromilisi. (2024). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP KARYA BUDI. TANZHIMUNA, 4(1), 69-79. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v4i1.197