STUDI TAFSIR KONTEMPORER: TELAAH BUKU “ ALQUR’AN KITAB SASTRA TERBESAR”

Faiz Musthofa Abbas

Sari


Artikel ini merupakan telaah kritis dari sebuah buku yang berjudul “Alqur’an Kitab Sastra Terbesar” yang merupakan edisi Bahasa Indonesia dari disertasi berbahasa Jerman yang diajukan M. Nur Khalis Setiawan untuk meraih gelar doktor di Orientalisches Seminar der Rheinischen Friendrich- Wilhelms Bonn, Jerman. Judul aslinya “Akar Sejarah Metode Sastra Dalam Tradisi Islam” diterbitkan oleh Penerbit elSAQ, tahun 2005, dengan jumlah halaman 336. Melalui penedekatan historis, penulis buku ini menyimpulkan bahwa metode susastra mempunyai stadium embrional dari tafsir klasik untuk menunjukkan tesis yang dibangun al-Khuli memiliki mata rantai keterkaitan denagn pemikiran-pemikiran yang ada dalam khazanah intlektual klasik. Kelebihan buku ini terlihat dari kemampuan penulis menemukan sejumlah leteratur dalam mencari fakta historis penggunaan metode susatra dalam karya-karya ulama abad kedua dan ketiga hijriyah, walaupun disisi lain penulis tidak menampilkan pendapat para intlektual yang kontra terhadap wacana bahwa studi alqur’an bisa disejajarkan dengan teks satra lainnya. Lebih jauh, buku ini menjadi buku yang kontroversi mengingat penolakan terhadap wacana tektualitas alqur’an masih hangat diperbincangkan karena dinilai bagian dari upaya liberalisasi studi Alqur’an oleh sebagian kalngan Muslim.


Kata Kunci


Telaah kritis; tafsir; Al-Qur’an

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bahadziq, U. 1994. Uslub al-Qur’an Baina al-Hidayah wa al-I’jaz al-Bayani, (Bairut: Dar al-Ma’mun li aliTurats

Cook, Guy. 2003. Introduction to Applied Linguistics. London: Oxford University Press.

Dimyathi, A. 2008. Semantics Course; Levels of Meaning. Malang: UIN Malang.

Ichwan, Moch. Nur. 2003. Meretas Kesarjanaan Kritis Al-Qur’an; Teori Hermeneutika Nashr Abu Zayd. Jakarta Selatan: Penerbit Teraju.

Sadili, Muhtar. 2011. Pendekatan Kritik Sastra Terhadap Al-Qur’an. http://islamlib.com/id/artikel/pendekatan-kritik-sastra-terhadap-alquran. Diakses, Minggu 11 Desember 2011.

Salim, F. 2017. Sebuah Pengantar buku Kritik Terahadap Studi Alqur’an Kaum Liberal, dikutip dari xa.yimg.com/.../KRITIK+TERHADAP+STUDI+AL-QURAN+LIBERAL.

Setiawan, N.K. 2005. Alqur’an Kitab Sastra Terbesar. Yogyakarta: elSAQ Press

Supiana dan Karman, M. 2002. Ulumul Qur’an dan Pengenalan Metodologi Tafsir. Bandung: Pustaka Islamika.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pinus.

Yanni, R. 2002. Literature; Reading Fiction, Poetry and Drama. New York: Mc Graw Hill Companies.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.