MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) DALAM KOMPONEN USAHA PENGEMBANGAN MADRASAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Erwin Feriyanto

Abstract

Abstrak


 


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlu adanya penilaian kinerja kepala madrasah menjamin kualitas kinerja terutama dalam hal usaha pengembangan madrasah tentunya bukan sesuatu yang instan perlu adanya manajemen dapat terlaksana dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan menganalisis tentang Manajemen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada komponen usaha pengembangan madrasah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah Jatinangor Sumedang. Tujuan khusus dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis tentang: 1).Perencanaan 2). Pengorganisasian 3).Pelaksanaan 4).Pengawasan 5). Faktor pendukung dan penghambat Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada komponen usaha pengembangan madrasah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah Jatinangor Sumedang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teori dalam penelitian ini adalah teori Manajemen George Terry. Adapun Hasil Penelitiaanya 1).Perencanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada komponen usaha pengembangan madrasah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah Jatinangor Sumedang sudah dilaksanakan dengan baik. 2). Pengorganisasian Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada komponen usaha pengembangan madrasah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah Jatinangor Sumedang telah dilaksanakan.3). Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada komponen usaha pengembangan madrasah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah Jatinangor Sumedang telah dilaksanakan. 4). Pengawasan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada komponen usaha pengembangan madrasah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah Jatinangor Sumedang belum maksimal dilakukan oleh pengawas. 5). Faktor pendukung PKKM adalah koordinasi yang baik antar guru-guru sehingga budaya kerja yang solid jika ada hal-hal yang perlu dikerjakan, kami bergotong royong untuk menyelesaikannya dan faktor penghambatnya adalah terbatasnya informasi tentang PKKM.


 


Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Kepala Madrasah       


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##