PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MTs NU PUTRA 2 BUNTET PESANTREN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Bahrul Hayat

Abstract

MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren merupakan salah satu madrasah yang berada di kawasan pondok Buntet pesantren sebagai lembaga penyelenggara pendidikan formal dibawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Buntet Pesantren. Penelitian ini didasari oleh fakta yang terjadi di MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon yang menunjukkan rendahnya aktivitas belajar Siswa dan minimnya penggunaan model pembelajaran pada saat proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendekatan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), bagaimana bentuk keaktivan siswa dan faktor apa saja yang mempegaruhi terhadap penerapan Pendekatan Model Pembelajaran Langsung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu Analisis induktif dengan penarikan kesimpulan yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa yang konkret, kemudian ditarik kesimpulan secara umum, yaitu dengan menganalisis dan menyajikan data dalam bentuk diskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan pendekatan model pembelajaran langsung pada saat proses belajar mengajar sangat berpengaruh dalam meningkatkan keaktivan siswa, bentuk keaktivan siswa diantaranya mencatat apa yang didengar dan disampaikan oleh guru, membaca materi pelajaran yang belum disampaikan guru, bertanya tentang materi yang belum dipahami dan membuka pikiran, gagasan dan pendapat dalam berdiskusi pada saat proses pembelajaran, faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran langsung diantaranya penguasaan pengetahuan guru dan penyesuaian penerapan model pebelajaran pada materi pelajaran serta kedisiplinan siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##