Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Wawasan Multikultural Guru untuk Membudayakan Demokrasi dan Toleransi Siswa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
The conditions and phenomena of Indonesian society, which are very pluralistic in terms of ethnicity, race, religion and social status, have made an extraordinary contribution to the development of dynamics in society. This study aims to analyze the implementation of Islamic Religious Education (PAI) learning, teachers' multicultural insights in PAI learning, and their role in cultivating democracy and tolerance among students at SMK Negeri 1 and SMA Negeri 2 in Cimahi City. Using a qualitative method with a descriptive-analytic approach, this study intends to obtain empirical and objective descriptions. Data collection was conducted through observation, interviews, and documentation. The results show that the implementation of Islamic Religious Education (PAI) learning in both schools has been optimal and aligns with the objectives, methods, materials, tools/media, and evaluations. Teachers' multicultural insights, which encompass thought patterns, attitudes, and behaviors, can be applied in PAI learning. The role of PAI teachers' multicultural insights, which include understanding the reality of diversity, managing learning skills (pedagogy), and forming cultured students (enculturation), is essential for cultivating democracy and tolerance among students.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Afifuddin dan Ahmad Zain, Irfan, 2009, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati).
- Adawiyah, Wiwi (2010), Pengaruh Pendidikan Multikultural Pembelajaran IPS Terhadap Budaya Toleran Siswa di SMAN 2 Kota Cimahi, Tesis Pendidikan ( Cimahi : Perpustakaan STKIP Pasundan), t.d.
- Amin, M. S. B. (2022). ANALISIS SIKAP PESERTA DIDIK DALAM MEMATUHI KEBIJAKAN PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Tsaqafatuna, 4(1), 1-10.
- Dede Rosyada, Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam, dalam Didaktika Islamika : Jurnal Kependidikan, Keislaman, dan Kebudayaan, Vol. VI, Nomor 1, Januari 2005, hal. 21-22.
- Dokumen SMK Negeri 1 Kota Cimahi
- ¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬__________SMA Negeri 2 Kota Cimahi
- Herlina Lubis, Nina, 2015, Sejarah Kota Cimahi, Pemerintah Kota Cimahi.
- Hasil Observasi, Wawancara, dan Studi Dokumentasi pada SMK Negeri 1dan SMA Negeri 2 Kota Cimahi
- Imron TA., Moch. dan Munif, Amrul, 2010, Metodologi Penelitian Bidang Kesehatan, (Jakarta : Sagung Seto).
- J. Moleong, Lexy, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT, Remaja Rosdakarya).
- Kahmad, Dadang, 2013, Multikulturalisme Islam danMedia, (Bandung: Pustaka Jati).
- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Untuk SMA/SMK/MA Kelas XII, (Jakarta : Balitbang Kemendikbud, 2015), hlm. iii.
- Naim, Ngainum, dan Sauqi, Achmad, 2008, Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi, (Jogyakarta : Ar-Ruzz Media).
- Nata, Abudin, 2003, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Bandung: Penerbit Angkasa).
- Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Untuk SMA/SMK/MA Kelas X, XI, dan XII, Penyelia Penerbitan Balitbang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta, 2015
- R.E. Clark, Reconsidering Research on Learning from Media, (New York : Rev. Educ. Res), page. 478
- Rusdi, Amir, 2010, Model Pembelajaran Agama Islam Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk meningkatkan Efektivitas Pembelajaran (Studi pada aspek akkidah akhlak dan tulis baca huruf Al-Qur’an di Sekolah Dasar kota Palembang), Disertasi Ilmu Pendidikan, (Bandung: Perpustakaan UPI), td.
- Rianse, Usman, 2012, Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi, (Jakarta: Alfabeta)
- Rosyada, Dede, 2005, Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam, dalam
- Didaktika Islamika: Jurnal Kependidikan, Keislaman, dan Kebudayaan, Vol. VI, Nomor 1, Edisi Januari.
- S.,Truna, Dody, 2010, “Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural”, Disertasi Pendidikan Islam, (Bandung: Perpustakaan UIN), t.d.
- Suharsaputra, Uhar, 2012, Metode Penelitian, (Bandung: PT. Refika Aditama).
- Sukardjo, M. dan Komarudin, Ukim, Landasan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya, (Depok: Rajawali Pers, 2009)
- Suryana, Yana dan Rusdiana, A., 2015, Pendidikan Multikultural, (Bandung: CV. Pustaka Setia).
- Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1
- UU RI, Nomor 20 Thn. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 ayat 1.
- Undang-Undang Guru dan Dosen, 2006, (Jakarta: Lembaga Advokasi dan PembinaanPendidikan Nasional)