STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Roudathul Jannah

Abstract

Pendidikan memiliki peranan strategis untuk mempersiapkan generasi muda yang tinggi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia harus dimulai sejak dini dan dapat terjuwud jika sekolah mampu menyediakan para pendidik yang berkualitas dan profesional. Pendidik berada di barisan terdepan dalam menciptakan mutu pendidikan. Pendidik berhadapan langsung dengan para peserta didik di kelas melalui proses belajar mengajar. Dengan demikian, seorang pendidik yang profesional jelas harus memiliki keahlian tertentu yang diperoleh melalui sebuah proses pendidikan maupun pelatihan khusus, dan terdapat unsur semangat pengabdian (panggilan profesi) dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan prinsip profesionalitas maka pemberdayaan profesi pendidik diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, kemajemukan bangsa dan kode etik profesi. Dengan demikian pendidik disamping tugas pokoknya di dalam kelas juga harus mendapat kesempatan untuk mengembangkan dirinya sesuai dengan yang tercantum dalam pasal 14 yaitu memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jannah, R. (2021). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 50-64. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v3i1.62