UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Weny Noorhaeny

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran dan observasi secara langsung di kelas VII A dapat diketahui bahwa metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran IPA belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah dimana peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan aktivitas pada saat pembelajaran berlangsung, juga tampak dari hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yaitu kelas VII A yang jumlahnya ada 19 peserta didik.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan implementasi model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##