KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MEMBENTUK KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mohammad Fikri Rafsanjani

Abstract

MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren sebagai madrasah berada di kawasan pondok pesantren yang menjadi salah satu pendidikan formal dibawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Buntet Pesantren. Minimnya ruangan kelas dan over capacity siswa di kelas. Sehinga kemampuan pedagogik pendidik sangat berperan untuk mnegelola kelas dengan tepat dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kompetensi pedagogik pendidik dalam pengelolaan kelas, untuk mendeskripsikan kedisiplinan siswa dalam belajar dan menjelaskan faktor penghambat dan pendukung. Penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembentukan kedisiplinan siswa disebabkan dengan adanya proses belajar mengajar yang kondusif dan efektif. Kemampuan pedagogik pendidik dalam mengelola kelas pada saat proses belajar mengajar sangat berperan. Bahkan jika kelas tersebut tidak dapat dikelola dengan baik maka dampaknya banyak siswa yang melanggar ketertiban sekolah.  Dan faktor penghambat utama adalah kurang disiplinnya siswa dan minimnya fasilitas dan sarana sekolah sedangkan faktor pendukungnya adalah kerjasama tim antar pendidik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rafsanjani, M. F. (2020). KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MEMBENTUK KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA . TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 78-86. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i2.52