Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menggunakan Metode Concept Mapping di Madrasah Ibtidaiah Fathurrahman Batang Tumu Kabupaten Indragiri Hilir

Authors

  • Zulkifli Zulkifli

DOI:

https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v6i2.505

Keywords:

peran, penggunaan, concept mapping

Abstract

Metode concept mapping adalah metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak, permasalahan dalam penelitian ini Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menggunakan metode concept mapping di Madrasah Ibtidaiah Fathurrahman Batang Tumu Kabupaten Indragiri Hilir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data mengunaka Milles and Huberman. Realisasi metode concept mapping (peta konsep) pada mata Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiah Fathurrahman Batang Tumu Kabupaten Indragiri Hilir, hasil observasi mencapai angka 72,22% dan dikategorikan baik, karena terletak pada interval 61% - 80%. Sedangkan hasil wawancara adalah sebagai berikut: Tujuan pembelajaran mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Kompleksitas pencapaian tujuan ditentukan oleh tingkat kesulitan materi. Kegiatan pembelajaran didukung dengan buku-buku sumber yang relevan.

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Zulkifli, Z. (2024). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menggunakan Metode Concept Mapping di Madrasah Ibtidaiah Fathurrahman Batang Tumu Kabupaten Indragiri Hilir. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 172–184. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v6i2.505