PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

R Mega Yuliyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar matematika dengan menerapkan metode tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas VIII-A MTs Annajah Pebayuran – Bekasi yang berjumlah 18 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penilaian hasil belajar pada tiap siklus. Pada observasi, hasil data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase dan pada hasil belajar dilakukan uji keberartian perbedaan rata-rata untuk mengetahui tingkat signifikannya. Tingkat partisipasi siswa dinyatakan dengan kategori tinggi, sedang, atau rendah. Sedangkan keberhasilan tutor sebaya dinyatakan dengan berhasil, kurang berhasil, atau tidak berhasil.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yuliyanto, R. M. (2020). PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 1-14. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i2.48