Pengaruh Strategi Synergetic Teaching pada Mata Pelajaran PAI Materi Kewajiban Menuntut Ilmu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bahorok
DOI:
https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v6i2.460Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan hasil belajar siswa yang rendah akibat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang cenderung pasif sebab dalam proses pembelajaran yang terjadi guru senantiasa menggunakan strategi konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran synergetic teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Bahorok. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan design quasi eksperiment bentuk nonequivalent control group design. Penelitian yang dilakukan dengan bentuk ini memiliki sampel yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebanyak 72 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t test jenis independent sample t test yang terlebih dahulu harus memenuhi uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji independent t test sehingga diperoleh hasil thitung (3,044) > ttabel (2,030) yang diartikan sebagai H0 ditolak dan Ha diterima. Temuan penelitiaan menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehingga proses pembelajaran menggunakan strategi aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan layak untuk diterapkan dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, dan Synergetic Teaching