MULTIKULTURALISME DALAM SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sapari Sapari

Abstract

Salah satu aspek humanisme yang sekarang ramai dibicarakan dan menjadi isu-isu penting dalam wacana perdebatan adalah mengenai paham pluralisme dan multikulturalisme dalam berbagai bidang kajian. Berbagai interpretasi dan pemikiran yang berkembang ditengah masyarakat mengenai kedua isu tersebut. Munculnya wacana tersebut juga tidak terlepas dari kondisi bangsa Indonesia yang ditakdirkan Allah memiliki keragaman etnik, budaya, dan agama. Studi ini mengkaji mengenai wacana pluralisme dan multikulturalisme dalam sistem pendidikan agama Islam dan bagaimana keberadaannya dalam sistem pendidikan agama Islam. Studi ini mengadopsi penelitian kepustakaan (Library Research) dimana berisi koleksi materi yang mendalam pada satu atau beberapa subjek. Adapun subyek atau materi yang dikaji dalam studi ini adalah mengenai. Studi ini menyimpulkan bahwa memasukkan nilai-nilai pluralisme dan multikulturalisme dalam sistem pendidikan agama Islam merupakan suatu keniscayaan, sebagai upaya dan langkah kongkrit dalam mentransformasikan pola pemahaman keagamaan yang inklusif, dinamis, dan fleksibel dengan tanpa mengabaikan dimensi-dimensi kesakralan ajaran agama.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sapari, S. (2019). MULTIKULTURALISME DALAM SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(2), 32-41. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v1i2.46