Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Santriwati Tarbiyatul Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Olina Kasturi

Abstract

Budaya membaca merupakan persyaratan yang mendasar dan sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap warga negara. Melalui budaya membaca, mutu pendidikan  dapat ditingkatkan sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan apa saja upaya guru SKI dalam meningkatkan minat baca santriwati MTS TMAI putri Al-Amien Prenduan melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat minat baca santriwati MTS TMAI putri Al-Amien Prenduan Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan ditentukan melalui sample Stratified random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru SKI dalam meningkatkan minat baca santri yaitu, a) Mempersiapkan rencana persiapan pembelajaran (RPP), b) Memaksimalkan kegiatan membaca di dalam kelas, c) Pemberian reward, d) mengaitkan Cerita dengan realitas, e) memberikan waktu kepada santri untuk membaca dan memahami materi. Faktor pendukung dan penghambat minat baca santri putri MTS Al-Amien Prenduan di antaranya yaitu:a) Faktor pendukung minat baca santri, adalah Kreativitas guru untuk menarik siswa supaya dapat memperhatikan apa yang sedang dibahas dan keaktifan siswa ketika bertanya mengenai materi yang sudah dibaca dan belum dipahami. Faktor penghambat minat baca santri adalah terbatasnya waktu pembelajaran, kurangnya kemampuan siswa dalam memahami pelajaran dan kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai bahasa arab.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kasturi, O. (2024). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Santriwati Tarbiyatul Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep . TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 82-91. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v6i2.415