Pengaruh Penggunaan Model Quantum Teaching dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VI MIN 3 Pontianak

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Moslimah Moslimah

Abstract

Lembaga pendidikan formal maupun pendidikan non formal tidak terlepas dengan adanya guru sebagai pengajar. Guru mempunyai kewajiban mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa di sekolah dengan kurikulum yang ada. Guru sebagai pendidik memiliki tugas yang sangat banyak. Pembelajaran quantum teaching mencakup petunjuk untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif merancang, menyampaikan isi dan memudahkan proses belajar. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Quantum Teaching dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar Fiqih   siswa  kelas VI. Untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar Fiqih   siswa  kelas VI. 3. Untuk menganalisis pengaruh penggunaan model interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar Fiqih   siswa  kelas VI  MIN 3 Pontianak Kalbar. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitin menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model Quantum Teaching dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar Fiqih  siswa . (2) Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar  Fiqih  siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar  siswa  kelas VI  di MIN 3 Pontianak Kalbar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Moslimah, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Quantum Teaching dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VI MIN 3 Pontianak. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 54-66. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v6i1.400