OPTIMALISASI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adi Jawahir

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi pelayanan bimbingan konseling dalam pembinaan akhlak siswa kelas VIII di SMPN 2 Sedong. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil tempat di SMP Negeri 2 Sedong. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2019. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru BK SMP Negeri 2 Sedong. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru SMPN 2 Sedong dan siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dengan analisis model Interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) upaya untuk mengoptimalkan layanan bimbingan konseling dalam pembinaan akhlak siswa kelas VIII ada beberapa bentuk, yaitu: (a) layanan bimbingan klasikal dilaksanakan di dalam kelas satu minggu satu kali selama 80 menit (2X40menit); (b) melalui pengajaran mengadakan Pengajian Jum’at pagi setiap satu bulan sekali dengan mengundang ustadz yang berbeda-beda; (c) melalui pembiasaan mengadakan sholat dhuha sebelum masuk jam pembelajaran bimbingan konseling dan sholat dilaksanakan secara sendiri-sendiri; (d) mengadakan kontrol terhadap akhlak siswa dengan bekerjasama dengan wali kelas, guru SMPN 2 Sedong dan sesama siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##