Analisis Nilai Moderasi Beragama dalam Kisah Teladan Nabi Muhammad pada Sejarah Kebudayaan Islam Di MI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Habibah Shofiyah Assyifa
Zudan Rosyidi

Abstract

Abstrak


Salah satu mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dipelajari siswa mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), MTS, MA hingga perguruan tinggi adalah pembelajaran SKI. Mempelajari SKI bermanfaat agar siswa dapat mengenal, memahami dan menghayati berbagai kisah sejarah kebudayaan Islam. Tujuan mempelajari SKI adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan tentang sejarah Islam dan budaya Islam. Dengan cara ini, menanamkan dan membina penghayatan, nilai dan makna yang ada pada  sejarah sehingga siswa mamput menerapkan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ajaran Islam berdasarkan pengetahuan berbagai fakta sejarah yang ada, membentuk kepribadian dan karakter yang baik dalam diri siswa dengan mencontoh tokoh-tokoh teladan sejarah Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “analisis isi” dengan data-data yang diambil dalam kisah-kisah teladan Nabi Muhammad yang terdapat pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Kelas 5. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu agar dapat mengidentifikasi nilai-nilai moderasi agama apa saja yang dapat diambil dari kisah teladan pada buku Sejarah Kebudayaan Islam MI.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Assyifa, H. S., & Rosyidi, Z. (2024). Analisis Nilai Moderasi Beragama dalam Kisah Teladan Nabi Muhammad pada Sejarah Kebudayaan Islam Di MI. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 15-21. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v6i1.344