PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Guru bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kepribadian Siswa Kelas X SMK Presiden Kota Cirebon. Untuk mengetahui Kepribadian Siswa maka penulis tertarik untuk meneliti tentang Guru BK dalam mengembangkan kepribadian siswa di SMK Presiden Kota Cirebon. Responden dalam penelitian ini adalah siswa SMK Presiden. Dari populasi siswa kelas X SMK Presiden Kota Cirebon sejumlah 85 siswa sampel 25 % dari jumlah populasi yaitu 22 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif bersifat deskriptif. Data diperoleh melalui kajian pustaka sebagai teoritisnya dan data empiris melalui studi dengan menggunakan observasi, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data menunjukkan nilai rata-rata hasil angket bimbingan dan konseling yaitu 90,64 atau 90% dengan kategori Kuat, sedangkan nilai rata-rata hasil kepribadian siswa yaitu 90,64. Hal tersebut menunjukkan efektifitas pengembangan pada siswa kelas X SMK Presiden Kota Cirebon termasuk tinggi. Hubungan antara bimbingan dan konseling dan kepribadian siswa menunjukan kategori kuat dengan skor 90,09. Hasil T adalah 0,009 yang bearti signifikan antara variabel bimbingan dan konseling dan variabel kepribadian siswa karena lebih kecil dari 0,05.