Penggunaan Media Video Animasi Edukasi pada Materi Mengenal Huruf Hijaiyah dan Ilmu Tajwid Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fifin Istiqomah Fifin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penggunaan video animasi edukasi untuk pengenalan materi huruf hijaiyah dan ilmu tajwid pada siswa madrasah ibtidaiyah. Media video animasi edukasi diterapkan sebagai media pembelajaran yang menggabungkan antara kegiatan merekam dan memainkan gambar bergerak untuk menghasilkan tampilan gerakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dan sumber datanya adalah jurnal akademis atau referensi buku. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan atau penelitian kepustakaan. Metode ini mempelajari buku-buku, artikel, jurnal, website, dan literatur yang berkaitan dengan suatu masalah penelitian untuk memperoleh pandangan dan validitas teori, yang dapat dijadikan informasi untuk menganalisis pembahasan masalah penelitian. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media animasi dan video edukasi yang dapat mengenalkan siswa terhadap aksara Hijaiyah dan ilmu tajwid. Ini juga meningkatkan berbagai keterampilan, termasuk perluasan kosa kata dan keterampilan kognitif. Setelah melakukan proses analisis, teori dan penelitian yang mengkaji penggunaan media video animasi edukasi dalam kegiatan belajar mengajar untuk mengenalkan materi aksara Hijaiyah dan ilmu Tajwid kepada siswa Madrasah Ibtidaiyah sudah efektif. Hal ini dikarenakan tampilan animasi yang menarik, penuh dengan warna-warni yang unik dan gambar-gambar yang lucu, dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Hal ini juga membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan guru dalam memberikan materi aksara Hijaiyah baik membaca maupun menulis. Penelitian ini mendeskripsikan analisis beberapa jurnal akademik yang menggambarkan efisiennya penggunaan video animasi dalam pembelajaran ilmu pengenalan dan pengajian huruf Hijaiyah pada siswa Madrasah Ibtidaiyah.


Kata Kunci:  Media Pembelajaran, Animasi edukasi, Huruf Hijaiyah dan Ilmu Tajwid

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fifin, F. I. (2024). Penggunaan Media Video Animasi Edukasi pada Materi Mengenal Huruf Hijaiyah dan Ilmu Tajwid Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah . TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 1-14. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v6i1.337