Pengaruh Pembelajaran Al-Quran Hadist Terhadap Kemampuan Baca Tulis Qur’an di MTs Darul Ulum Waru

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Imroatul Chasanah Imroatul Chasanah
M. Sholehuddin Sulaiman

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat 3 tujuan : (1) Untuk mengetahui pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs.Darul Ulum Waru Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui kemampuan baca tulis Al-Qur’an di MTs.Darul Ulum Waru Sidoarjo, (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an di MTs.Darul Ulum Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian prosentase dan product moment. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu P=F/N x 100% dan korelasi product moment. Teknik pengampilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling . adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket (kuosioner) dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut : (1) Berdasarkan Analisa prosentase bahwa Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs. Darul Ulum Waru menunjukkan hasil 85,94%  dikategorikan Sangat Baik. (2) Berdasarkan Analisa prosentase bahwa Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di MTs. Darul Ulum Waru menunjukkan hasil 88,30%  dikategorikan Sangat Baik. (3) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits berpengaruh terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di MTs. Darul Ulum Waru.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##