Peran Stakeholder dalam Manajemen Madrasah Unggul Berbasis TQM di MI Plus Istiqomah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Syibromilisi
Neng Wardatushobariah
Deden Sofiati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mewujudkan madrasah berdasarkan konsep manajemen mutu yang komprehensif. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metodologi studi kasus dan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Uji triangulasi digunakan untuk memvalidasi data .berbasis TQM konsep manajemen mutu digunakan untuk menjamin mutu lembaga pendidikan dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pola komunikasi, pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan, pelaporan pemangku kepentingan, penilaian rutin, dan kebahagiaan.Ini menghasilkan berkesinambungan pada semua warga madrasah. Oleh karena itu , MI PLUS ISTIQOMAH mengkaji praktik unggulan Total Quality Management ( TQM ) yang akan diterapkan untuk pengembangan potensi madrasah oleh Kepala Madrasah, khususnya tenaga pendidik dan kependidikan, guna menghasilkan PTK yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen madarsah unggul berbasis Total Quality Manajemen (TQM) membutuh proses yang cukup detail dan profesional. Peran stakeholder dalam hal ini yang sangat berpengaruh dalam proses madrasah unggul yaitu keprofesionalan seorang kepala madrasah. Mengimplementasikan kompetensi kepala madrasah yang harus dikuasai dengan indikasi kepercayaan masyarakat untuk menitipkan anaknya ke MI Plus Istiqomah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Syibromilisi, Neng Wardatushobariah, & Deden Sofiati. (2023). Peran Stakeholder dalam Manajemen Madrasah Unggul Berbasis TQM di MI Plus Istiqomah. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), 19-31. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v5i1.252