Integrasi Nilai - Nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keberadaan nilai nilai moderasi beragama pada rencana pelaksanaan pembelajaran, sintaksis pembelajran, serta evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris dan siswa di kelas XI Madrasah Aliyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai moderasi beragama dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat membantu meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, mengurangi stres belajar, serta meningkatkan kinerja akademik. Selain itu, pengajaran bahasa Inggris yang memperhatikan nilai moderasi beragama juga dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang keberagaman budaya dan agama, sehingga mereka dapat lebih terbuka dan toleran terhadap perbedaan.