Integrasi Kurikulum Kulliyatul Mu’alimin Al-Islamiyah dan Kurikulum Tahfidz

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Noor Afrosin Al Amin
Hidayatus Sholihah
Ahmad Zaenurrosyid

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui implementasi integrasi kurikulum kulliyatul mu’alimin Al-Islamiyah dan kurikulum tahfidz di pondok tahfidz modern Al-Aqsho Kudus Jawa tengah dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam integrasi kurikulum kulliyatul mu’alimin Al-Islamiyah dan kurikulum tahfidz di pondok tahfidz modern Al-Aqsho Kudus Jawa tengah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan “field reseaech”. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya adalah Direktur kurikulum dan ustadz pondok serta beberapa dokumen pendukung. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi waktu dan triangulasi Teknik. Hasil pada penelitian ini bahwa perencanaan integrasi kurikulum dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru, yaitu dengan menatar guru khususnya guru baru, merancang dan merencanakan kegiatan untuk satu tahun ke depan, pelaksanaan integrasi kurikulum ini dilaksanakan dalam pembelajaran dan kegiatan seharian, evaluasi integrasi kurikulum dengan melakukan tes tulis untuk kurikulum KMI dan tes lisan untuk kurikulum Tahfidz, faktor pendukung integrasi kurikulum ini ada tiga yaitu Bahasa, santri dan orang tua, dan lingkungan, faktor penghambat integrasi kurikulum yaitu tidak adanya acuan.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Afrosin Al Amin, M. N., Sholihah, H., & Zaenurrosyid, A. (2023). Integrasi Kurikulum Kulliyatul Mu’alimin Al-Islamiyah dan Kurikulum Tahfidz. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 103-112. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v5i2.227