Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas II SDIT An-Nisa Graha Ciantra Cikarang Selatan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ibrahim Assunni

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil dan keaktifan belajar Matematika siswa kelas II SDIT An-Nisa Graha Ciantra melalui penerapan pendekatan konsep dengan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini dilakukan melalui kegiatan PTK melalui tahapan prasiklus dan 3 tahapan siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II A SDIT An-Nisa Graha Ciantra yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Objek penelitian meliputi keaktifan belajar dan hasil belajar Matematika melalui penerapan pendekatan konsep dengan model pembelajaran Picture and Picture. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, lembar tes evaluasi, soal tes hasil belajar, dan refleksi. Selanjutnya, data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif dimana, hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar ketika tahapan awal prasiklus memperoleh nilai 67,6  dengan persentase ketuntasan  KKM matematika 70 adalah 66,7%. Ketika pendekatan konsep dengan model pembelajaran Picture and Picture diterapkan, disiklus pertama diperoleh nilai rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan 69,6%, siklus kedua nilai rata-rata 84,8 dengan persentase ketuntasan 82,8%, dan akhirnya pada siklus ketiga nilai rata-rata yang diperoleh adalah 86,7 dengan persentase ketuntasan 82,7%. Begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada keaktifan dalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan melaksanakan tugas. Dimana dari hasil penelitian keaktifan bertanya meningkat dari prasiklus 10,3%, siklus pertama 27,6%, siklus kedua 48% dan siklus ketiga 58,6%. Dan keaktifan menjawab pertanyaan dari prasiklus 34,5%, siklus pertama 51,7%, siklus kedua 62%, hingga pada siklus ketiga 65,5%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konsep dengan model pembelajaran Picture and Picture untuk siswa kelas II A SDIT An-Nisa Graha Ciantra pada semester I pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil pembelajaran siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Assunni, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas II SDIT An-Nisa Graha Ciantra Cikarang Selatan . TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), 32-43. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v5i1.208