Penilaian Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Guppi Kalibalangan Lampung Utara
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan proses pembelajaran yang menggabungkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema. Bentuk penilaian pada pembelajaran tematik menggabungkan ketiga aspek, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Penilaian autentik menilai ketiga aspek tersebut. Namun, pada pelaksanaannya masih saja ditemukan kendala pada kegiatan penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penilaian pembelajaran tematik di MI Guppi Kalibalangan. Metode yang dipakai dalam penulisan artikel ini adalah kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara. Penelitian menggunakan langkah-langkah Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penilaian yang mudah dilakukan pada siswa kelas rendah adalah penilaian keterampilan. Sementara, untuk bentuk penilaian yang mudah dilakukan guru kepada siswa kelas tinggi adalah penilaian pengetahuan. Bentuk penilaian pengetahuan yang sering dipakai oleh guru adalah pilihan ganda dan essay. Kemudian, bentuk penilaian keterampilan menggunakan tes unjuk kerja, tes proyek dan penilaian portofolio.