STRATEGI MANAJEMEN DAN PERAN ALUMNI SEBAGAI MARKETING LEMBAGA PENDIDIKAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Bahrul Hayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan manajemen
alumni, menggambarkan bagaimana strategi pelaksanaan manajemen, dan
menjelaskan dampak dari pelaksanaan manajemen alumni. Penelitian ini
menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan melakukan pengumpulan data
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan
yaitu Analisis induktif dengan penarikan kesimpulan yang berangkat dari fakta-fakta
yang khusus, peristiwa yang konkret, kemudian ditarik kesimpulan secara umum, yaitu
dengan menganalisis dan menyajikan data dalam bentuk diskriptif. Hasil penelitian ini
adalah Pesantren Pembangunan Mandirancan Kabupaten Kuningan sudah melakukan
penerapan manajemen terhadap alumni dengan baik meliputi empat fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan dalam kegiatan
pengelolaan Alumni, Bentuk strategi manajemen yang dilakukan oleh pesantren dengan
pembekalan, pelayanan dan pemanfaatan keterlibatan alumni. Dampak pelaksanaan
manajemen dan strategi manajemen di pesantren pembangunan mempengaruhi
terhadap kualitas mutu pendidikan dan kuantitas pendidikan melalui pengelolaan
alumni sebagai marketing di lembaga pendidikan di lingkungan pesantren
pembangunan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hayat, A. B. (2019). STRATEGI MANAJEMEN DAN PERAN ALUMNI SEBAGAI MARKETING LEMBAGA PENDIDIKAN. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 37-51. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v1i1.17