EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aep Saepuloh

Abstract

Penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui metode bimbingan kelompok yang diberikan oleh konselor dalam mengembangkan konsep diri positif pada Siswa Kelas VIII SMP Sindangjawa Dukupuntang. Kedua, untuk mengetahui pengembangan konsep diri siswa Kelas VIII SMP Sindangjawa Dukupuntang sebelum dan sesudahnya adanya kegiatan bimbingan kelompok, Ketiga, untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap pengembangan konsep diri siswa Kelas VIII SMP Sindangjawa Dukupuntang. Dari populasi siswa kelas VIII SMP Sindangjawa Dukupuntang sejumlah 200 siswa, samplenya 25 % yaitu 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan yaitu: 1). Metode Bimbingan Kelompok yang diberikan oleh Konselor terhadap siswa SMP Sindangjawa Dukupuntang dalah metode ceramah, metode Tanya jawab, metode curah pendapat dan metode sosiomateri menunjukkan rata-rata skor 81.75 % (baik), 2). Pengembangan konsep diri siswa Kelas VIII SMP Sindangjawa Dukupuntang setelah adanya kegiatan bimbingan kelompok yang diwujudkan dalam bentuk perilaku disiplin, rajin. Sopan, dan patuh sebelum adanya kegiatan bimbingan kelompok konsep diri siswa hanya mencapai rata-rata 59.75 % (kurang baik) dan setelah adanya kegiatan bimbingan kelompok konsep diri siswa terjadi perubahan peningkatan yang signifikan yaitu mencapai  rata-rata skor nilai 91.1 % (sangat baik), 3). Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Konsep Pengembangan Diri Siswa Kelas VIII SMP Sindangjawa Dukupuntang, berdasarkan hasil perhitungan korelasi mencapai nilai 0,686 berada pada jarak 0,600 – 0,800 dengan interpretasi tergolong cukup.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saepuloh, A. (2019). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 27-36. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v1i1.16