Manajemen Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MANU Putri Buntet Pesantren

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mukhammad Nasif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan manajemen pelatihan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kmpetensi Profesional Guru MANU Putri Buntet Pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi secara langsung, wawancara terhadap guru dan Kepala Sekolah serta studi dokumentasi. Dalam rangka meningkatkan kompetensi profesional guru Madrasah Aliyah (MA) di Buntet Pesantren dalam bidang TIK, penulis berupaya untuk melakukan penelitian terhadap pelatihan penggunaan TIK yang dilaksanakan di MANU Putri. Hasil temuan di lapangan diantaranya adalah: a) pelatihan penggunaan TIK kurang ditindak lanjuti dengan benar; b) dalam pelaksanaan pelatihan penggunaan TIK tersebut, terdapat 2 (dua) indikator pelatihan berkualitas yakni efektivitas dan efisiensi; c) heterogenitas kemampuan guru dalam menggunakan TIK yang menjadi tantangan tersendiri dalam membuat manajemen pelatihan penggunaan TIK. hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa masih perlunya rumusan manajemen pelatihan TIK yang sistematis, konsisten dan berkesinambungan sehingga akan lebih terasa dampak positif yang dihasilkan serta peningkatannya pun akan lebih signifikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nasif, M. (2022). Manajemen Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MANU Putri Buntet Pesantren. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(1), 63–78. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v4i1.130