Penerapan Pembelajaran Sholat Berbasis Maqashid Syari’ah bagi Anak Sekolah Dasar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali penerapan pembelajaran sholat berbasis maqashid syariah bagi anak sekolah dasar di Pondok Pesantren Darussalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam desain etnografi. Penulis menghabiskan tujuh minggu melakukan observasi etnografi dan catatan lapangan terkait dengan pemberian materi sholat, aktivitas pembelajaran, dan pemberian sangsi. Wawancara mendalam dilakukan kepada 4 orang partisipan yang terdiri dari 1 guru dan 3 siswa. Kriteria peserta yang dipilih adalah berdasar pada mereka yang dianggap memiliki lebih banyak informasi. Wawancara bertujuan untuk mengetahui bagaimana setiap fase yang ditemukan selama observasi sesuai dengan konteks keseluruhan proses penyelidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran di PP. Darussalam dimulai dari pemberian materi sholat, aktivitas pembelajaran, dan pemberian evaluasi belajar terbukti maksimal dan sesuai dengan teori-teori kemaslahatan yang ada pada Maqashid Syariah dengan memprioritaskan pelestarian dalam agama atau Hifdz Al-din.