Korelasi Antara Fasilitas dan Lingkungan Pembelajaran dengan Capaian Pembelajaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren Cirebon

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhamad Mujadid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara fasilitas dan lingkungan pembelajaran secara bersamaan dengan capaian pembelajaran mahasiswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang termasuk dalam jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester tiga sampai tujuh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren Cirebon sebanyak 100 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 41 mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment Pearson  dan uji korelasi ganda yang didahului dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  ada korelasi yang positif dan signifikan antara fasilitas dan lingkungan pembelajaran secara simultan dengan capaian pembelajaran, dengan nilai koefisien korelasi 0,785 Hal ini menunjukkan derajat korelasi yang kuat. Temuan ini berarti bahwa semakin baik fasilitas dan lingkungan pembelajaran maka semakin baik pula capaian pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mujadid, M. (2021). Korelasi Antara Fasilitas dan Lingkungan Pembelajaran dengan Capaian Pembelajaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren Cirebon. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 75-93. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v1i2.99