Manajemen Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran PAI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Saridah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa yang menggunakan teknologi sebatas untuk main game online, memutar lagu/video atau sekedar mengakses media sosial, hal ini apabila tidak segera ditindak lanjuti akan berdampak negative terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, manajemen penggunaan media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan sumber data melalui triangulasi kepala madrasah, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, perencanaan ini dilakukan dengan menentukan tujuan yang akan dicapai, menyusun strategi pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar dan salah satunya adalah media pembelajaran berbasis komputer, memilih metode pembelajaran, menentukan alokasi waktu, dan menyusun langkah-langkah pembelajaran. Kedua, pada pelaksanaannya terdiri dari awal pembelajaran dengan meyiapkan peserta didik untuk belajar atau apersepsi, selanjutnya pada pembelajaran inti, guru membimbing peserta didik untuk terlibat dalam mencari sumber informasi mengenai materi yang akan dipelajari dengan memanfaatkan media komputer dan internet lalu mempersentasikannya dengan menggukanan aplikasi microsoft power point, terakhir guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap kegiatan dan prestasi peserta didik selama pembelajaran serta guru membuat kesimpulan di akhir pembelajaran. Ketiga, penilaian dilakukan untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran. Adapun program yang dilakukan guru dalam rangka penilaian hasil belajar adalah tugas sekolah, tugas rumah, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan kenaikan kelas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saridah. (2021). Manajemen Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran PAI. TANZHIMUNA, 1(2), 114-126. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v1i2.100