Kreatifitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Asep Halimurosid
Syafe’i.R
Fathurrohman.A

Abstract

Ada dua kemungkinan antara benar dan salah, karena keberhasilan pendidikan ditentukan oleh banyak faktor. Namun, faktor guru merupakan salah satu faktor penentu. Mulai dari kreativitas guru dalam menggunakan metode, media, dan mengelola pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang kreativitas guru PAI dalam memanfaatkan media, menggunakan metode, mengelola kelas, serta faktor pendukung dan penghambat di SD Negeri Bingawati Kabupaten Cianjur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SD Negeri Bingawati Kabupaten Cianjur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI sudah baik, guru PAI sudah menerapkan berbagai metode pembelajaran, pengelolaan, dan media pembelajaran yang menarik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Halimurosid, A., Syafe’i.R, & Fathurrohman.A. (2021). Kreatifitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 19-34. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v1i1.64