Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Akhlak Pada Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abdul Jabar
Syafe’i.R
Fathurrohman.A

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui program pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa (2) mengetahui pelaksanaan pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa (3) mengetahui apakah pendidikan akhlak dapat membentuk kepribadian muslim siswa (4) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Al - Qudsy Cibatu T.P. 2020/2021. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen.


Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Program pendidikan akhlak di  SMKS Al - Qudsy Cibatu  T.P. 2020/2021 secara umum dibagi dalam dua kegiatan yaitu intrakurikuler dan ekstrakurikuler. (2) Impelementasi pendidikan akhlak di SMKS Al - Qudsy Cibatu  T.P. 2020/2021 melalui program pendidikan akhlak pada kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler direalisasikan dalam bentuk program dan aktivitas dibagi menjadi empat macam, yaitu program dan aktivitas harian, program dan aktivitas mingguan, program dan aktivitas bulanan, program dan aktivitas tahunan. (3) Proses implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di SMKS Al - Qudsy Cibatu  T.P. 2020/2021 melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang direalisasikan pada aktivitas harian, mingguan, bulanan, dan tahunan dapat membentuk kepribadian muslim siswa. Hal itu dibuktikan dengan perilaku siswa setelah melaksanakan program pendidikan akhlak. (4) Faktor pendukung implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di SMKS Al - Qudsy Cibatu  T.P 2020/2021 yaitu motivasi, sarana dan prasarana, dan peran kepala sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jabar, A., Syafe’i.R, & Fathurrohman.A. (2021). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Akhlak Pada Peserta Didik. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 54-64. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v1i1.23