PENGARUH IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP PENINGKATAN MUTU LULUSAN SMA AL-ISLAM BOARDING SCHOOL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dewi Aisyah dewi aisyah

Abstract

Meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap lulusan yang unggul secara akademik, spiritual, dan keterampilan hidup menjadi tantangan bagi lembaga pendidikan. Meski banyak sekolah memiliki input dan fasilitas yang baik, stagnasi mutu lulusan masih terjadi. Hal ini menandakan perlunya pendekatan manajerial yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap peningkatan mutu lulusan di SMA Al-Islam Boarding School Kabupaten Cirebon. Dengan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperkuat dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik TQM seperti penjaminan mutu, keterlibatan pemangku kepentingan, relevansi kurikulum, dan pengembangan tenaga pendidik berdampak signifikan terhadap mutu lulusan. Strategi sekolah mencakup program tahfidz, lifeskill, dan kerja sama eksternal. Penelitian menyimpulkan bahwa implementasi TQM meningkatkan mutu lulusan melalui proses yang sistematis dan terstruktur.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
dewi aisyah, D. A. (2024). PENGARUH IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP PENINGKATAN MUTU LULUSAN SMA AL-ISLAM BOARDING SCHOOL. TANZHIMUNA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 102–111. Retrieved from https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tanzhimuna/article/view/593