MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI PERISTIWA SEJARAH KERAJAAN ISLAM NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kairin Kairin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal dan memahami sejarah kerajaan Islam di Nusantara melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XII IPS 5 MAN 1 Majalengka dalam dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan, di mana pada tahap pra-tindakan hanya 3 dari 34 siswa (8,8%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 21 siswa (72,4%). Penerapan metode mind mapping terbukti efektif dalam membantu siswa memahami materi secara visual, sistematis, dan lebih bermakna. Dengan demikian, metode ini layak dijadikan alternatif pembelajaran yang inovatif dalam pengajaran SKI di tingkat MA.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kairin, K. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI PERISTIWA SEJARAH KERAJAAN ISLAM NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING. TANZHIMUNA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 95–101. Retrieved from https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tanzhimuna/article/view/597