IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS NILAI ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN: KAJIAN PUSTAKA KRITIS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Neng Wardatushobariah
Resi Dazia

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara kritis implementasi manajemen berbasis nilai Islam di lembaga pendidikan melalui pendekatan kajian pustaka kritis. Pendekatan ini digunakan untuk mengevaluasi literatur yang relevan mengenai prinsip-prinsip dasar, bentuk penerapan, tantangan, serta strategi implementasi manajemen Islami. Data dikumpulkan dari berbagai sumber akademik terpercaya seperti buku, artikel jurnal, dan dokumen akademik, yang dianalisis secara tematik melalui pendekatan reflektif-kritis. Hasil kajian menunjukkan bahwa manajemen berbasis nilai Islam mengintegrasikan nilai-nilai tauhid, amanah, keadilan, musyawarah, dan ihsan dalam seluruh fungsi manajerial lembaga pendidikan. Implementasi nilai-nilai ini dapat memperkuat karakter lembaga dan membentuk budaya kerja yang berakhlak. Namun, pelaksanaannya masih menghadapi hambatan seperti lemahnya pemahaman konseptual, rendahnya budaya organisasi berbasis nilai, dan dominasi sistem manajemen sekuler. Kajian ini merekomendasikan penguatan kapasitas kepemimpinan, pembinaan budaya organisasi Islami, serta dukungan kebijakan yang sistematis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Neng Wardatushobariah, & Dazia, R. (2025). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS NILAI ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN: KAJIAN PUSTAKA KRITIS. TANZHIMUNA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1–10. Retrieved from https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/tanzhimuna/article/view/662