Penerapan Metode Menghafal Al-Qur`An (Studi Komparatif di SMAIT, STIQ Al-Multazam dan Yayasan Karantina Tahfidz Nasional Jawa Barat)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Devi Imron Rosadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1). Menjelaskan efektifitas tiga metode tersebut di tiga lembaga berbeda, (2). Menjelaskan signifikansi penerapan metode menghafal al-qur`an, (3). Menjelaskan problematika dan upaya penanggulangannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian memperoleh : penerapan metode menghafal al-qur`an (ummi, SaHal dan yadain) di tiga lembaga besar dengan segmen berbeda penghafalnya. Signifikansi kesesuaian teori dan realita dilapangan dalam penerapan metode-metode tersebut. Problematika metode menghafal tersebut: (1) Rasa malas yang terjadi pada para santri, (2) Faktor usia/tingkat kecerdasan yang berbeda-beda (3) Semangat dan keinginannya lemah (4) Media elektronik/teknologi. Adapun upaya penanggulangannya :(1) Lawan rasa malas dengan niat dan semangat yang tinggi. (2) Atur waktu sebaik dan se efisen mungkin. (3) Optimis dan besarkan husnudzon kepada Allah Swt. (4) Jadikan Media elektronik/teknologi sebagai ladang dakwah. Efektifitas dan signifikansinya tiga metode menghafal dalam menjaga dan mencapai targetan hafalan Al-Qur’an di SMAIT,STIQ Al-Multazam dan Yayasan Karantina Tahfidz Nasional Kuningan Jawa barat ini yaitu dengan konsistensi waktu dalam setoran mengulang (murojaah) sehingga dapat melahirkan para hafidz/ah dan menjadikan alat elektronik berupa hand phone sebagai sarana dakwah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Devi Imron Rosadi. (2023). Penerapan Metode Menghafal Al-Qur`An (Studi Komparatif di SMAIT, STIQ Al-Multazam dan Yayasan Karantina Tahfidz Nasional Jawa Barat). TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 360-375. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v3i1.260