Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Profesionalisme Guru yang Berkelanjutan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini tujuan untuk mengetahui Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Profesionalisme Guru yang Berkelanjutan bahwa guru yang profesional mampu memahami karakteristik peserta didik dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Guru adalah sebuah profesi yang bertugas mendidik, mengajar dan membimbing peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan cara wawancara, observasi atau studi lapangan dan studi pustaka. Hasil penelitian guru dalam mengajar dapat dijadikan sebagai salah satu indicator tingkat profesionalitasnya. Guru sebagai tenaga profesional berarti bahwa profesi guru memiliki ciri-ciri atau kriteria khusus sebagai profesi. Sebuah pekerjaan dikatakan profesi jika pekerjaan tersebut dilakukan atas panggilan hati pelakunya sehingga dilakukan dengan senang hati dan tanpa adanya keterpaksaan. Selain itu, sebuah profesi tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, tapi harus dilakukan oleh orang yang terdidik dan terlatih di bidangnya. Sebuah profesi diakui oleh masyarakat sebagai sebuah pekerjaan atau jabatan yang menuntut keahlian. Agar mampu menjalankan profesinya dengan baik, seorang guru harus memiliki berbagai kompetensi, diantaranya kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Pribadi dan Kompetensi Sosial