Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Numbered Head Together (NHT), dan Savi (Somatic, Auditory, Visualisation, Intelectual) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Saeful Huda Mubarok

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi peneliti ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang di peroleh oleh hasil test kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang masih terdapat peserta didik yang kemampuan pemahaman konsep belum mencapai nilai KKM. Hasil ini disebabkan salah satunya oleh proses pembelajaran yang masih menggunkan cara tradisional, cermah, kontekstual dll. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif  tipe Think Pair Share (TPS), Numbered Head Together (NHT), dan SAVI (Somatic, Auditory, Visualisation, Intelectual).


Metode yang digunakan ialah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Counterbalanced Design. Instrument dalam penelitian ini ialah soal pilihan ganda kompleks. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebanyak 32 siswa, Kelas VII B sebanyak 32 siswa dan kelas VII E sebanyak 32 siswa dimana setiap kelasnya merupakan kelas eksperimen dan di setiap tretment menggunakan metode yang berbeda disetiap kelasnya.


Hasil analisis data dengan uji t (independent samples t-test) pada taraf kepercayaan 95% diperoleh nilai  >   dan nilai probalitas sig. (2-tailed) < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dari setiap treatment yang dilakukan di setiap kelas dengan metode yang berbeda dan pokok bahasan yang berbeda sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dilihat dari hasil perolehan nilai rata-rata (mean) kemampuan pemahaman konsep peserta didik disetiap studi bahwa model Think Pair Share (TPS) selalu lebih tinggi dari model Numbered Head Together (NHT), dan model Numbered Head Together (NHT) selalu lebih tinggi dari model SAVI (Somatic, Auditory, Visualisation, Intelectual). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelejaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada kompetensi dasar menganalisis konsep Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan (kelangkaan dan kebutuhan), Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi, Konsumsi, Permintaan dan Penawaran) pada mata pelajaran IPS.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mubarok, S. H. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Numbered Head Together (NHT), dan Savi (Somatic, Auditory, Visualisation, Intelectual) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik . TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 250-274. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v2i02.194