Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi - Z

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yuyu Krisdiyansah
Arif Rahman Hakim

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat harus dimanfaatkan oleh guru sebagai alat untuk membantu dan mempermudah proses pendidikan. Kehadiran teknologi yang diikuti dengan perkembangan informasi digital sejalan dengan karakteristik peserta didik yang merupakan Generasi - Z, yakni generasi yang lahir dan dibesarkan di tengah-tengah kemajuan teknologi sehingga mereka memiliki karakteristik yang khas, yang mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan dan kemajuan teknologi. Media social merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kemajuan teknologi tersebut, di mana para peserta didik bisa saling terhubung dengan dunia luar melampaui batasan ruang dan waktu. Kehadiran media social memungkinkan peserta didik untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan lebih cepat dan akurat, bahkan jika dibandingkan dengan gurunya yang masih berpegang pada acara-cara konvensional. Intensitas penggunaan media social di kalangan peserta didik telah menjadikan peserta didik seolah memiliki dua dunia sekaligus, yaitu dunia nyata di mana mereka hidup dan dunia maya di mana mereka merasa bebas mengekspresikan berbagai hal. Guru harus mampu menghadirkan media social sebagai gaya hidup peserta didik menjadi media pembelajaran yang efektif. Beberapa media social yang umumnya bisa digunakan sebagai media pembelajaran diantaranya Youtube, Tiktok, Instagram, Facebook, Whatssapp, dan Telegram. Tujuan  penulisan  artikel  ini  yaitu untuk  mengetahui media  sosial  yang  dapat  dimanfaatkan sebagai media pembelajaran  dan  cara  memanfaatkan  media  sosial  sebagai media  pembelajaran . Metodologi  penelitian  yang  digunakan  yaitu  kajian  pustaka.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Krisdiyansah, Y., & Hakim, A. R. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi - Z. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 294-304. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v2i02.180