Implementasi Budaya Salam Melalui Pembelajaran PAI Untuk Penguatan Pembiasaan Peserta Didik di Sekolah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ali Muhamad

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu fenomena yang ditandai rusaknya moral generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi budaya salam melalui pembelajaran PAI untuk pembiasaan peserta didik di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana implementasi budaya salam melalui pembiasaan peserta didik di kelas VIII SMP Al-Qur’an Kabupaten Bandung. Implementasi budaya salam melalui pembelajaran PAI untuk pembiasaan peserta didik di kelas VIII SMP Al-Qur’an Kabupaten Bandung melalui berbagai kegiatan yang mencerminkan dan dapat menumbuhkan akhlak Islami, diantaranya: halaqoh tarbawiyah, tahsin dan tahfidz Qur’an, pembinaan bahasa Arab, muhadhoroh, dan muhadatsah. Implementasi budaya salam melalui pembelajaran PAI untuk pembiasaan peserta didik di kelas VIII SMP Al-Qur’an Kabupaten Bandung berdampak positif. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pembiasaan akhlakul karimah mengucap salam kepada guru dan peserta didik serta mengedepankan sopan santun dan lebih bertanggung jawab dalam melakukan kegiataan yang mereka anggap benar dan yang mereka anggap salah serta menerima konsekuensi atas segala perbuatan yang mereka lakukan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ali Muhamad. (2022). Implementasi Budaya Salam Melalui Pembelajaran PAI Untuk Penguatan Pembiasaan Peserta Didik di Sekolah. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 185-194. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v2i1.156