Implementasi Model Pembelajaran Portofolio Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dodi Setia Budi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti sendiri dan guru yang mengajar di sekolah yang bersangkutan, dan guru lain sebagai observer. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk meningkatkan mutu pembelajaran PAI yang selama ini dirasakan masih sangat rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 2 Majalaya Kabupaten Bandung. Temuan dari penelitian ini Pelaksanaan implementasi model pembelajaran portofolio yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, (3) Penilaian implementasi model pembelajaran portofolio yang dilakukan guru SMA Negeri 2 Majalaya kabupaten Bandung diarahkan pada tiga ranah (domain) yang meliputi ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif.. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari tahap awal yang terus meningkat, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran portofolio dalam pembelajaran PAI memberikan dampak pada peningkatan mutu hasil belajar siswa. Model pembelajaran portofolio menjadi salah satu model pembelajaran yang penuh dengan kegiatan yang menumbuhkan sikap aktif bagi siswa serta menjadi proses pembelajaran yang menyenangkan yang terbukti dapat meningkatkan penguasaan konsep materi PAI khususnya pada pokok bahasan hari kiamat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dodi Setia Budi. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Portofolio Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 168-184. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v2i1.157