Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Moslimah

Abstract

Abstrak: Upaya untuk mencerdaskan penerus bangsa di berbagai aspek, maka cara ampuh untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya ialah guru sebagai pendidik harus memiliki kreativitas yang baik. Peneliti memilih Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Pematang Rambai Kuala Mandor A karena selain siswanya yang memiliki motivasi belajar rendah, ditambah lagi kreativitas guru yang kurang sehingga pembelajaran terlihat membosankan dan tidak menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk; (1) mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) mengetahui pengaruh kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) angket, (2) dokumen dan (3) wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini ialah (1) ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa, (2) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Moslimah. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 218-234. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v2i1.153