Pelaksanaan Pedidikan Anak Melalui Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rian Nurfajar Sidik

Abstract

Pengetahuan orang tua tentang manajemen pendidikan yang salah menjadi faktor utama kerusakan dalam mendidik akhlak pada anak. Al Qur’an sebagai sumber petunjuk bagi pendidikan anak sedikit demi sedikit dilupakan oleh orang  tua apalagi anak dikarenakan teralihkan oleh situs yang tidak mendidik dikalangan anak-anak. Sedangkan pendidikan anak adalah pendidikan yang diberikan terhadap anak usia dini dengan mengajarkan perilaku dan sikap yang baik berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Adanya Manajemen Pendidikan Islam pada anak dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, membuat penulis ingin mengkajinya. Tujuan dari adanya penulisan ini adalah agar para orang tua dan juga guru mengetahui dan memahami ruang lingkup, materi, metode, bahkan manajemen pendidikan Islam pada anak dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Dengan adanya karya ini, maka penulis berharap dapat menambah wawasan keislaman dalam mendidik anak. Kitab ini dikarang oleh Syaikh Abdullah Nashih Ulwan yang berisi pendidikan Anak dalam Islam yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyyah Swasta Baeturridlwan Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang berupa kajian atau analisis Manajemen pendidikan anak dalam Kitab Tarbiyahtul Aulad Fil Islam Karangan Syaikh Abdullah Nahih Ulwan. Peneliti menggunakan analisis data deskriptif analitik agar dapat memperoleh data informasi, mencari hubungan, baik persamaan maupun perbandingan dalam sebuah permasalahan yang akan dibahas, yaitu mengenai Manajemen Pendidikan Anak melalui Kitab Tarbiyatul aulad fil Islam edisi arab karangan Abdullah Nashih Ulwan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya ruang lingkup, materi, metode pendidikan Islam anak usia dini dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islamyang meliputi: (1) Pendidikan akidah Anak menggunakan materi pengenalan terhadap Allah dan pengenalan ibadah kepada-Nya, dan pembelajaran Al-Qur’an dapat menggunakan metode pembiasaan dan nasehat. (2) Pendidikan akhlak menggunakan materi akhlak mulia, penjagaan lisan.dan larangan berbohong dapat menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat. (3) Pendidikan Islam segi lingkungan sosial anak dengan materi mengasihi terhadap orang lain, dan menghindarkan anak dari kebiasaan buruk dapat menggunakan metode nasehat, keteladanan, pengawasan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rian Nurfajar Sidik. (2022). Pelaksanaan Pedidikan Anak Melalui Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam . Tanzhimuna, 2(1), 97-106. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v2i1.155