Manajemen Pembelajaran PAI Melalui Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada kenyataan, guru sebagai manajer bagi peserta didiknya, dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di SMP pada umunya masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal tersebut berdampak terhadap prestasi belajar peserta didik. Tujuan pendidikan tercantum pada UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 bisa tercapai, fakta di lapangan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan masih belum terlaksana. Indikatornya masih ada peserta didik yang tidak aktif dalam diskusi, malas dalam menyelesaikan masalah. Melihat fenomena tersebut perlu adanya langkah untuk mengatasinya dengan manajemen pembelajaran PAI dengan Problem Based Learing (PBL) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Manajemen pembelajaran PAI, metode Problem Based Learning, prestasi belajar untuk memudahkan penulis dalam mendesripsikan penelitian pada kajian teori. Metodologi yang digunakan Kualitatif Deskriftif dengan mengumpulkan data melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses penelitian ini ditentukan subjek, pendekatan, jenis, lokasi dan tekhnik penelitian serta uji keabsahan data dan analisis data. Hasil penelitian dari permasalahan di peroleh berimbang prestasi yang di raih kelas IX-A dan IX-G, masih rendahnya prestasi belajar dilihat dari capaian nilai belum optimal. Dari hasil penilaian tidak ditemukan nilai rata-rata di bawah Simpulan: Metode Problem Based Learning mampu meningkatkan prestasi belajar dengan indikator nilai kognitif, afektif, dan psikomotornya melebihi KKM.