Implementasi Nilai-Nilai Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ai Andriani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian pendahuluan pada beberapa Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Garut yang menunjukan  bahwa nilai nilai akidah akhlak belum terimplementasikan secara optimal  hal ini dikarenakan belum optimalnya dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sehingga berdampak negatif terhadap karakter siswa. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan, penilaian, masalah dan solusi implementasi nilai nilai akidah akhlak dalam dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi observasi, wawancara dan studi dokumentasi sedangkan sumber data melalui triangulasi: kepala madrasah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, pada aspek perencanaan dilakukan melalui 3 tahapan yaitu : 1) Penetapan program, dengan melibatkan berbagai pihak yakni yayasan, komite, kepala dan guru madrasah; 2) Penetapan tujuan, mengacu pada tujuan pendidikan nasional, yang dikembangkan melalui visi, misi dan tujuan madrasah masing-masing; 3) Penentuan jadwal pembelajaran. Kedua, pada aspek pelaksanaan guru melaksanakan apa-apa yang telah dibuat pada perencanaan, mulai dari  mengintegrasikan konten pendidikan karakter yang telah dirumuskan kedalam seluruh mata pelajaran kegiatan pendahuluan,inti dan penutup; mengintegrasikan pendidikan karakter kedalam kegiatan sehari-hari di sekolah; mengintegrasikan pendidikan karakter kedalam kegiatan yang diprogamkan atau direncanakan. Dan terakhir membangun komunikasi kerjasama antar sekolah dengan orang tua peserta didik. Ketiga, pada aspek penilaian yaitu meliputi evaluasi hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester dan akhir kelulusan. Selanjutnya evaluasi proses dilaksanakan pada awal tahun pelajaran berikutnya. Keempat, pada aspek masalah yang dihadapi terdiri dari faktor internal (peserta didik) dan faktor eksternal (lingkungan) baik itu lingkungan keluarga, sekolah/ stake holder, maupun lingkungan masyarakat. Kelima, pada aspek solusi, guru menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sesuai dengan usia dan karakter peserta didik sehingga anak fokus dan termotivasi serta tidak terpengaruh oleh lingkungan sekitar, meningkatkan kompetensi guru tidak terkecuali  dalam hal Penguatan Pendidikan Karakter, juga membangun komunikasi dan kerjasama dengan orang tua demi tercapainya karakter yang baik pada diri siswa yang merupakan tanggung jawab bersama antara guru, orang tua, dan juga lingkungan sekitar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Andriani, A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa. TANZHIMUNA, 1(2), 127-145. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v1i2.101