Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Kalimat Thayyibah Masyaallah dan Subhanallah Kelas IV MI Bustanul Ulum Badas Sumobito Jombang Miskonsepsi, Kalimat Thayyibah, Masya Allah, Subhanallah Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Peneitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Kalimat Thayyibah Masyaallah Dan Subhanallah Kelas IV MI Bustanul Ulum Badas Sumobito Jombang. Adapun fokus penelitian ini yakni mengetahui jenis miskonsepsi peserta didik yang terjadi pada materi Kalimat Thayyibah Masyaallah dan Subhanallah di kelas 4 MI Bustanul Ulum Badas Sumobito Jombang serta mengetahui faktor penyebab terjadinya miskonsepsi peserta didik yang terjadi pada materi Kalimat Thayyibah Masyaallah dan Subhanallah di kelas 4 MI Bustanul Ulum Badas Sumobito Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara, Three Tier Test, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Jenis miskonsepsi peserta didik yang terjadi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Kalimat Thayyibah Masya Allah dan Subhanallah di kelas 4 MI Bustanul Ulum Badas adalah miskonsepsi False Negative sebesar (39,66%). Adapaun faktor penyebab terjadinya miskonsepsi berupa Reasoning atau penalaran peserta didik yang tidak lengkap dan Sumber pembelajaran berdasarkan buku paket Akidah Akhlak yang memiliki makna ganda dalam penggunaan kalimat Thayyibah Masya Allah dan Subhanallah.