Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya di Pondok Moden Assalam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fadilah Rahayu Ratmono fai
Masykur H. Mansyur
Neng Ulya

Abstract

Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia yang tak pernah bisa ditinggalkan. Pendidikan adalah transfer pengetahuan dan nilai. Pendidikan bertujuan untuk menyempurnakan kecerdasan-kecerdasan manusia yang secara potensi telah diberi oleh Allah SWT. Dengan mendapatkan pendidikan, sesungguhnya hal tersebut ialah usaha dalam membantu manusia untuk menjadi manusia seutuhnya. Konsep-konsep pendidikan yang bertahan dan banyak dikembangkan di Indonesia banyak lahir dari para tokoh filsuf  muslim klasik pendidikan Islam, salah satunya yaitu Ibnu Khaldun. Pemikiran Ibn Khaldun tentang tujuan pendidikan dan metode pembelajaran dan relevansinya pemikiran pendidikan Ibn Khaldun dengan tujuan pendidikan dan metode pembelajaran saat ini, Oleh karena itu sebagai refleksi pemikiran Ibnu Khaldun tentang pendidikan maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di lembaga Pendidikan modern, yang menjadi objek penelitian penulis yakni di Pondok Modern Assalam Subang Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Penelitian kualitatif dengan pendekatan yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami dengan pendekatan (library research) yang bersumber dari kajian pustaka buku, artikel. Hasil yang diperoleh pada penelitian pada tujuan pendidikan Islam menurut Ibn Khaldun menghasilkan perilaku modern yang integral, dan menghargai waktu.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
fai, F. R. R., H. Mansyur, M., & Ulya, N. (2023). Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya di Pondok Moden Assalam. TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), 75-83. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v5i1.207